Ilmu lebih dari harta

Kisah Perdebatan Kaum Khawarij dengan Ali r.a.  Pada suatu ketika Nabi SAW bersabda :  Artinya : “ Aku adalah kota (gudang) ilmu, sedangkan Ali adalah pintu gerbangnya “.Setelah mendengar sabda nabi tersebut, maka timbullah kedengkian kaum Khawarij terhadap Ali r.a.

Lalu mereka berunding yang terdiri dari 10 orang pemuka kaun khawarij untuk mencoba menjajagi kecerdikan dan ketangkasan Ali, mereka berkata : “Mari kita tanyakan satu masalah saja kepada Ali, coba bagaimana cara dia menjawabnya. Kalau satu masalah ini dapat dijawab dengan jawaban tidak sama, maka benarlah yang disabdakan oleh nabi Muhammad S.A.W tersebut.

Sepuluh orang itu terus menuju ketempat Ali r.a satu persatu. Adapun satu masalah yang ditanyakan adalah :  Artinya : ”Wahai Ali, lebih utama mana ilmu dengan harta ?”.  Demikian masalah yang ditanyakan, lalu mulailah bergantian satu persatu menanyakan.
1.      Khawarij   : ” Lebih utama mana ilmu dengan harta ?”.     Ali r.a        :  ”Ilmu lebih utama daripada harta. Sebab ilmu adalah merupakan pusaka para nabi, sedangkan harta adalah warisan qorun, fir’aun dan lainnya”.
2.   Khawarij   : “lebih utama mana ilmu dengan harta?”  Ali r.a        : ”Ilmu lebih utama daripada harta, sebab ilmu dapat menjaga kamu, sedangkan harta, maka kamulah yang menjaganya.
3.   Khawarij   : ”Lebih utama mana ilmu dengan harta?”  Ali r.a        :”ilmu lebih utama daripada harta, sebab orang kaya harta banyak musuhnya, sedangkan orang yang kaya ilmu banyak sahabatnya”
4.   khawarij    : ”lebih utama mana ilmu dengan harta?”  Ali r.a        :  ”ilmu lebih utama daripada harta, sebab harta kalau dibelanjakan menjadi berkurang, sedangkan ilmu kalau diberikan malah bertambah”
5.   khawarij    : ” Lebih utama mana ilmu dengan harta ?”.   Ali r.a        : ” Ilmu lebih utama daripada harta, karena orang yang banyak harta dipanggil dengan sebutan bakhil, sedangkan orang yang banyak ilmunya disebut agung ”.
6.   Khawarij   : ”Lebih utama mana ilmu dengan harta?”     Ali r.a        : ”Ilmu lebih utama daripada harta, sebab ilmu tidak perlu penjagaan dari pencuri, sedangkan harta harus dijaga dari pencuri”.
7    khawarij    : ”lebih utama mana ilmu dengan harta?”     Ali r.a        : ”Ilmu lebih utama daripda harta, sebab pada hari kiamat orang yang banyak harta pasti akan dihisab, sedangkan orang yang berilmu dapat memberikan syafaat pada hari kiamat”.
8.   khawarij : ” lebih utama mana ilmu dengan harta ?”     Ali r.a   :”Ilmu lebih utama daripada harta, sebab lamanya pengangguran dalam melewatkan waktu, harta dapat rusak dan habis , sedangkan ilmu tidak akan rusak dan tidak akan habis”.
9.   Khawarij   : ”lebih utama mana ilmu dengan harta?”  Ali r.a        :”Ilmu lebih utama daripada harta , sebab harta dapat  menjadikan padatnya perasaan, sedangkan ilmu dapat menerangi hati ”.
10. Khawarij :”lebih utama mana ilmu dengan harta ?”Ali r.a        : ”Ilmu lebih utama dari pada harta, sebab orang yang memiliki harta, maka dengan harta ia sering mengaku sifat ketuhanan , sedangkan orang yang berilmu dapat merealisir ibadah ”.                         Setelah sepuluh orang khawarij itu selesai bertanya , lalu Ali r.a berkata : ”andaikata mereka bertanya kepadaku dari satu masalah itu, tetap saja jawab dengan jawaban yang berlainan  ( berbeda ) selama saya masih hidup ”. Akhirnya mereka menghadap kepada Ali r.a dan menyerah semuanya.

Categories: Artikel | Tags: | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: