Sejarah Berdirinya Yayasan Ar Rahmah

Ir Jonih Rahmat lahir di Bandung, 18 Februari 1961. Bapak Jonih merupakan Pendiri dari Yayasan Sosial yaitu Yayasan Ar Rahmah.Pak Johih sendiri bekerja di sebuah perusahaan yang berlokasi di Jakarta yaitu Pertamina dan sekarang bekerja di BPMIGAS. Awal mula berdirinya Yayasan Sosial ini adalah karena perpindahan tempat tinggal beliau dari Bandung ke Bogor, pepindahan ini dilatarbelakangi oleh suatu tugas diperusahaan tempat dimana Bapak Johih bekerja.

Kampung Kreteg adalah sebuah daerah yang berada di Desa Padasuka yang berlokasi di Ciomas Bogor, disitulah Pak Johih tinggal bersama isterinya. Kreteg adalah sebuah desa yang lingkungannya kurang islami, aktivitas yang dilakukan oleh para pemuda suatu desa tersebut adalah mayoritas pemabuk dan penjudi, banyak anak-anak usia sekolah yang putus sekolah dikarnakan faktor ekonomi yang kurang memadai, kurangnya tempat-tempat untuk mengkaji ilmu agama, banyak para orang tua, pemuda dan anak-anak yang yang tidak bisa membaca Al Qur’an , sungguh keadaan yang sangat memperihatinkan..

Melilhat keadaan seperti itu bapak johih merasa prihatin, bingung apa yang harus ia lakukan. Hari terus berganti, keadaan Desa Kreteg pun belum berubah. Akhirnya bapak dan isterinya mencoba untuk terjun kemasyarakat berusaha untuk beradaptasi dilingkungan tersebut. Hampir setiap hari sampai malam beliau mendatangi rumah-rumah yang menjadi tetangganya, beliau mencoba memperkenalkan diri dan mengamati keadaan desa tersebut. Perlahan-lahan beliau dekat dengan masyarakat baik para orang

tua, pemuda maupun anak-anak, akhirnya dari kedekatnya dengan masyarakat beliau mencoba mengajak masyarkat desa tersebut untuk mengikuti pengajian yang dilaksanakan setelah sholat maghrib, melihat sambutan masyarakat tersebut begitu antusias terhadap pengajian tersebut, akhirnya pengajian itu dilaksanakan rutin setiap malam sehabis shalat maghrib.

Setelah dirasa berhasil mengajak masyarakat kreteg untuk mengikuti pengajian, beliau dan isterinya berusaha terjun kembali kepada masyarakat yang lebih luas, berusaha untuk mencari anak-anak yatim piatu khususnya yang putus sekolah untuk melanjutkan kembali sekolahnya, setiap dari bahkan sampai malam beliau dan isterinya berjalan kaki mendatangi dari rumah kerumah untuk mencari anak-anak yatim piatu dan tidak mampu yang benar-benar ingin sekolah tetapi kurang mampu dalam hal biaya.

Pendataan terus dilakukan setiap hari sampai akhirnya Pak Jonih mendapatkan beberapa anak yatim piatu dan keluarga tidak mampu untuk disekolahkan bahkan sampai diberikan tempat tinggal dirumahnya. Dirasa sudah cukup banyak anak-anak yang beliau sekolahkan, lama kemudian ia mendirikan sebuah Badan Hukum yang berbentuk Yayasan Sosial yang bernama Yayasan Ar Rahmah yang sah didirikan pada tanggal 24 April 1999, yang berlokasi di Jl.Pagelaran Gg.H.Lasim No.9 RT.03 RW.03 Desa Padasuka Kecamatan Ciomas Bogor Telp.(0251) 637200.
Maksud dan Tujuan didirikanya Yayasan Sosial Ar Rahmah :

1. Membantu anak-anak yatim piatu khususnya dan anak-anak dari keluarga tidak mampu yang benar-benar ingin sekolah.
2. Meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat Kampung Kreteg khususnya.
3. Menjadikan anak-anak yang mempunyai pribadi unggul yang dibekali dengan kajian ilmu-ilmu agama.
4. Menjadikan pribadi yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Categories: Sejarah | Tags: , , , | 13 Komentar

Navigasi pos

13 thoughts on “Sejarah Berdirinya Yayasan Ar Rahmah

  1. Mudah-mudahan ini akan terus berlanjut

  2. Riza

    Semoga dpt lebih berkembang dan melebarkan wilayah bukan hanya sebatas desa kreteg

  3. daus mts

    smoga ar-rahmah mnjadi yayasan yang mncetak orang-orang yang berguna bagi negara & agama amii.!!!

  4. awiel

    semoga yayasan ini lebih maju dan berkembang lg
    dan nak2 yayasan’y menjadi orang berguana bagi negara dan umat

  5. Maya

    Aslkum….
    saya maya mahasiswa IPB,saya ingn berartisipasi dalam yayasan ini..
    tapi maaf saya masih mahasiswa jadi wujud parisipasi saya bukan dana atau materi..
    insyaAllah dalam bentuk bantuan yang lain seperti mengajar atau yang lainnya
    terima kasih

  6. henky

    Pak Jonih,
    Tolong kami diberikan alamat kantornya saya mau ketemu bapak di kantor, kita ngobrol mengenai yayasan waktu makan siang, jika kami di ijinkan
    mungkin saya bisa sumbangsih apa saja yang say mampu

  7. novita

    pa klo sy ingin mberikan anak sya yg brumur 5bln bleh kah?hrap dblz

    • silahkan saja datang langsung ke yayasan ar-rahmah di sana bisa ngobrol-ngobrol sama ibu/bapak. diterima atau tidak bukan wewenang saya.
      terima kasih

  8. wawan

    ass wr wb pak, nama sy wawan insyaallah sy sm tmn2 mw silaturrahmi mudah2 an allah mengijinkan niat baik km u ke yayasan ar rahmah trima kasih

  9. Vinny

    ass wr wb, Pak Jonih, perkenalkan nama sy vinny, kebetulan sy tinggal di Ciomas jg dan kebetulan jg skrg sy bersama2 teman & kerabat di kampung (Jasinga Ds Setu) mengaktifkan kembali yayasan yatim piatu yg pernah vakum. Sy sangat ingin sekali berbagi pengalaman dg bpk dlm mengurus anak2 yatim, terus terang kami para pengurus terutama saya sangat minim pengalaman. Semoga bpk berkenan, terima kasih. Wassalamu alikum wr wb.

  10. Alex

    Ass wr wb. pak jonih, perkenalkan nama saya Alex. saya ingin mengadopsi anak asuh bapak. apakah bisa ?
    saya dan istri sudah menikah selama +- 11 th, belum dikaruniai anak. tolong keterangannya. wassalam wr wb.

    • Mohon maaf di yayasan ar-rahmah tidak bisa mengadopsi anak, yayasan ini diperuntukan untuk anak yatim piatu/dhuafa yang tidak mampu untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih layak. terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: